Cara Install Software Softaculous di cPanel

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara installasi applikasi / software pada server, dimana applikasi ini telah disediakan secara otomatis di server.

Catatan: Kami menggunakan WordPress sebagai contoh dalam panduan ini, proses instalasi untuk aplikasi yang lain hampir serupa, namun ada beberapa tambahan atau fitur yang muncul mungkin berbeda dari yang digambarkan di bawah ini.

Untuk artikel ini, kita akan mengasumsikan bahwa Anda sudah login ke cPanel.

1. Scroll ke bawah sampai Anda melihat  tab Software/Services  dan pilih ikon Softaculous. Jika Anda tidak melihatnya, klik tanda panah bawah di sudut kanan atas pada tab tersebut.

cp_soft_1

2. Sekarang Anda akan melihat beberapa aplikasi yang mungkin sudah Anda kenal dan biasa gunakan. Jika Anda tidak melihat software yang Anda cari pada halaman pertama, Anda dapat memanfaatkan fitur pencarian atau browse berdasarkan kategori yang Anda cari.

cp_soft_2

3. Anda juga dapat melihat demo atau detail deskripsi dari masing – masing applikasi pada halaman ini.

cp_soft_3

Jika aplikasi yang dipilih adalah sesuatu yang Anda ingin gunakan, pilih install! Dalam hal ini kita akan melakukan instalasi WordPress.

4. Form dibawah adalah form konfigurasi pada WordPress untuk mengatur nama domain dan letak folder file WordPress Anda.

cp_soft_4

  • Choose Protocol =  http:// adalah nilai secara default. Ini hanya perlu diubah jika Anda ingin menggunakan URL yang terlihat spesifik pada browser atau jika Anda memiliki sertifikat SSL yang dikonfigurasi (https://www).
  • Choose Domain = Jika Anda memiliki beberapa domain yang telah dikonfigurasi, Anda akan disajikan dengan drop down di mana Anda dapat memilih nama domain yang Anda pilih untuk menginstal aplikasi.
  • In Directory = Jika Anda ingin menginstal aplikasi ke folder tertentu di situs web yang sudah ada (misalnya: http://yourdomain.com/bob), Anda harus memasukkan nama folder di sini. Jika tidak, biarkan kolom ini kosong, maka website Anda akan diinstal  sebagai situs utama (http://yourdomain.com).
  • Database Name = Jika Anda ingin menyesuaikan nama database Anda, Anda dapat melakukannya pada kolom ini. Opsi ini tidak terlalu penting sebenarnya karena nama database secara otomatis sudah ditentukan.
  • Table Prefix = Ini juga kosmetik dan tidak perlu diubah.

5. Pada tahap ini kita mulai menentukan beberapa rincian spesifik aplikasi. Seperti misalnya pengaturan nama pengguna, kata sandi, recovery email untuk membuat ulang sandi dan lain sebagainya.

cp_soft_5

Catatan: Langkah-langkah yang diuraikan di bawah fitur yang khusus untuk instalasi WordPress. Aplikasi lain mungkin memiliki lebih sedikit atau lebih banyak fitur. Akibatnya panduan ini mungkin berbeda untuk installasi aplikasi lain.

Anda dapat mengganti semua data dibawah melalui WordPress Admin setelah proses installasi selesai, dengan cara login menggunakan data – data yang telah Anda masukan.

  • Site Name = Nama situs Anda
  • Site Description = Baris teks yang akan ditampilkan setelah nama situs Anda.
  • Enable Multisite = Mengaktifkan pilihan ini artinya Anda mengaktifkan WordPress Multisite, dimana Anda dapat membuat beberapa website sekaligus menggunakan WordPress pada satu network.
  • Admin Username = Username default adalah “admin”. Kami sarankan untuk mengganti dengan username tersebut dengan nama yang lebih unique.
  • Admin Password = Masukkan kata sandi yang Anda ingin gunakan. Klik icon kunci untuk membuat password acak jika memang diperlukan.
  • Admin Email = Ini adalah alamat email yang akan digunakan jika nantinya Anda ingin mereset password melalui fasilitas lupa password yang dimiliki oleh WordPress
  • Select Language = WordPress menyediakan berbagai piihan bahasa untuk Anda! Pilih bahasa yang Anda sukai.
  • Limit Login Attempts = Fitur ini dirancang untuk melindungi instalasi WordPress dari bahaya dengan membatasi jumlah upaya login oleh satu alamat IP. Hal ini digunakan untuk memastikan WordPress tidak mudah diserang dengan metode brute force, yaitu sebuah cara untuk menebak password Anda secara random berkali – kali.
  • Clef Secure Passwordless Login = Jangan centang ini kecuali Anda memiliki Clef yang telah diinstal atau di gunakan pada account Anda.
  • Email Installation Details = Isi kolom ini jika Anda ingin mengirim rincian instalasi, termasuk username/password admin kepada pihak ketiga.

6. Klik “Install”
Setelah instalasi selesai Anda akan diarahkan ke halaman lain yang akan memberikan daftar rincian instalasi, demikian juga link informasi cara mengakses software dan admin area-nya. Rincian instalasi akan dikirim ke alamat email yang telah Anda konfigurasi diatas.

Leave A Comment?