Pemulihan Setelah Terkena Hack

Pemulihan pasca terkena hack ada hal yang wajib Anda lakukan dalam beberapa langkah. Tidak hanya mengembalikan website dan data – data Anda seperti semula, namun juga melakukan antisipasi agar hal yang sama tidak terulang kembali.Beriku ini adalah beberapa rekomendasi yang harus Anda lakukan pasca terkena hack (terlepas dari jenis hack yang menimpa Anda). Meskipun ini terlihat menyulitkan, namun daftar lengkap ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan antisipasi kedepan.

Ganti Password Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa akun Anda aman adalah mengganti password yang berelasi untuk setiap akun tersebut. Berikut adalah daftar password yang harus Anda ganti:

  1. Password cPanel
  2. Password Email
  3. Password FTP
  4. Password CMS (Content Management System) yang Anda gunakan, seperti WordPress, Joomla atau Drupal

Scan Komputer Anda

Hack bisa terjadi ke server melalui komputer Anda. Ketika komputer Anda terkena virus, pastikan bahwa koneksi yang Anda gunakan pada saat mengunggah data melalui FTP atau HTML Editor aman. Jika Anda tidak yakin bahwa komputer Anda tidak terkena virus atau Anda telah menggunakan koneksi internet yang aman, pastikan bahwa Anda tidak terkoneksi ke server melalui FTP maupun cPanel. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa lakukan untuk melakukan antisipasi pada komputer Anda:

  1. Update program Antivirus pada setiap komputer yang Anda gunakan. Jika Anda belum memasang Antivirus, Anda harus memasangnya (ya termasuk pengguna Mac dan Linux). Avast dan AVG memberikan software antivirus secara gratis yang bisa Anda download.
  2. Jika Anda menggunakan wireless router, pastikan koneksi tersebut aman. Jika Anda tidak yakin koneksi yang Anda gunakan aman, konsultasikan bagaimana caranya agar wireless router yang Anda gunakan agar memiliki koneksi yang aman. Atau search di Google mengenai model router yang Anda gunakan, dan cari tahu bagaimana caranya untuk membuat koneksi tersebut aman.
  3. Jika Anda menggunakan software seperti Dreamweaver, iWeb, Microsoft Expression Web dan yang lain, pastikan bahwa versi yang Anda gunakan adalah yang paling terbaru. Begitu juga jika Anda menggunakan software FTP.
  4. Pastikan bahwa product Adobe yang Anda gunakan terupdate. termasuk Adobe Acrobat dan Adobe Acrobat Reader
  5. Pastikan semua browser yang Anda gunakan telah terupdate dengan versi terbaru. Jika Anda menggunakan lebih dari satu browser, cek satu persatu dan lakukan update.

JIka software antivirus Anda gagal mendeteksi virus pada komputer Anda dan tidak bisa menghapus virus yang ada, berikut ini adalah beberapa resourse Antivirus yang bisa Anda gunakan:

Pengamanan cPanel

cPanel adalah control panel hosting Anda. Sangat penting untuk Anda untuk mengamankan data – data Anda pada server melalui cPanel. Berikut adalah langkah – langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Ganti password cPanel Anda
  2. Pastikan semua akun FTP yang Anda buat masih tetap digunakan. Jika Anda menemukan akun FTP yang tidak lagi digunakan, lebih baik dihapus saja. Pastikan semua akun FTP telah diganti passwordnya
  3. Pastikan juga semua email yang Anda setup semuanya digunakan. Jika ada email yang tidak lagi digunakan, lebih baik dihapus saja. Dan pastikan semua password email telah direset.
  4. Pada Email Forwarder, pastikan bahwa semua forwarder tersebut adalah yang Anda buat. Dan pastikan pula jika alamat email tujuan forwarding sudah benar sesuai dengan yang buat.
  5. Pastikan pula Cronjob yang Anda buat sudah sudah menggunakan syntak yang benar dan cronjob tersebut sudah sesuai dengan tujuan Anda.
  6. Lakukan pula pengecekan pada Simple DNS Zone Editor. Dibawah User-Defined Records, pastikan pointing yang keluar dari server sudah sesuai dengan konfigurasi yang Anda buat. Tentu saja jika Anda menggunakan applikasi pihak ketiga seperti Google Apps, Anda akan ingin tetap menggunakan konfigurasi tersebut. Pastikan saja, bahwa konfigurasi yang Anda buat sudah sesuai dengan daftar tujuan Anda.
  7. Pada menu Redirect, pastikan bahwa semua redirect yang ada sesuai dengan apa yang telah Anda buat. Jika Anda menemukan konfigurasi yang tidak Anda buat, hapus dari dari daftar redirect.

Update / Backup Software

Setelah Anda memastikan bahwa langkah – langkah diatas sudah Anda lakukan dan server sudah aman, tentu Anda juga harus memastikan bahwa area yang lain seperti CMS atau software yang Anda gunakan juga telah aman. Lakukan backup secara reguler untuk mengurangi resiko yang ada.

  1. Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya, pastikan Anda menggunakan versi terbaru. Update software Anda jika diperlukan
  2. Buatlah backup secara regular dan download file backup tersebut. Anda bisa menggunakan cPanel maupun Softaculous untuk membuat backup tersebut. Download backup yang Anda memiliki adalah hal yang sangat penting. Meskipun kami sudah membuat backup server, membuat backup di komputer lokal Anda akan sangat membantu jika terjadi hal – hal diluar kendali kami.

 

Leave A Comment?